Senin, 27 November 2017

Percasi Kirim 12 Pecatur Ikuti Kejuaraan ASEAN Kelompok Umur


Jakarta - Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) mendongkrak kualitas para pecatur muda dengan mengirim 12 pecatur remaja ke ajang Kejuaraan Catur ASEAN Age Group (Kelompok Umur Asia Tenggara) Terbuka Ke-18 pada 25 November hingga 4 Desember 2017 di Kuantan, Pahang, Malaysia.

Sebanyak 12 pecatur muda Indonesia itu sengaja dikirim ke luar negeri sebagai upaya mengasah keterampilan dengan bertanding di ajang internasional. Mereka yang dikirim pecatur yang menjadi juara catur Indonesia 2017, pada kejurnas junior lalu.


“Yang terpenting hasil yang dicapai nantinya akan menjadi acuan PB Percasi untuk menyusun program pembinaan dan peningkatan prestasi cabang olah raga catur untuk jangka pendek dan menengah yang tepat sasaran,” kata Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto di Jakarta, Kamis (23/11).

Para pecatur dari beberapa daerah di Indonesia yang akan diberangkatkan ke Malaysia tersebut merupakan para juara catur Indonesia 2017 dari kelompok Umur (U-19), (U-17), (U-15), (U-13), (U-11), (U-9) dan (U-7).

Pengiriman para pecatur muda ke ajang catur kelompok umur Asia Tenggara tersebut terselenggara berkat dukungan sponsor JAPFA dan SCTV. Tujuan pengiriman ini selain untuk memperoleh kesempatan bertanding di tingkat internasional, juga untuk mengukur kemampuan prestasi masing-masing pecatur.

"Hasil dari ASEAN Age Group ini akan mrnjadi acuan penyusunan program pembinaan dan peningkatan prestasi baik untuk jangka pendek, jangka menengah yang tepat sasaran. Ini tentu tidak terlepas dari angan-angan kita bersama untuk dapat melahirkan oara pecatur Indonesia di masa yang akan datang," tutup Utut.

Berikut Susunan Pecatur Indonesia :

Putra: Muhamad Agus Kurniawan (U-19, Jatim), Ryan Maheswara Pratama Mendala (U-17, DIY), Putu Luhur Apngal Kusuma (U-15, Bali), Dicky Aditya (U-13, Kaltim), Nayaka Budhidharma (U-11, Jatim), Elang Shalahudin Alfaruq (U-9, Jatim), Muazzam Bilal Wicaksana (U-7, Jatim).

Putri: Regita Desyari Putri (U-19, Jabar), Diajeng Theresa Singgih (U-17, Jabar), Christine Elisabeth (U-15, DKI), Laysa Latifah (U-11, DKI), Frida Nadine Fellicia (U-9, Jabar).

Sumber : Suara Pembaharuan